Kamis, 04 Mei 2017

Jenis Lampu untuk Rumah Anda



Ketika kita membeli hunian seperti jual rumah murah di Bandung, Surabaya atau kota lainnya, tentunya hal yang harus diperhatikan adalah masalah pencahayaan. Pencahayaan sendiri biasanya terdiri dari dua jenis: pencahayaan alami yang didapatkan dari sinar matahari, atau pencahayaan lampu.
Pencahayaan matahari tentu dapat secara jelas dilihat ketika berada di rumah. Desain rumah harus jelas sehingga dapat terkena sinar matahari agar rumah menjadi sehat. Sementara pencahayaan lampu baru bisa terlihat ketika malam hari.
Jenis-jenis lampu yang digunakan pun berbeda-beda. Jenis yang berbeda, menjadikan lampu juga memiliki fungsi yang berbeda. Maka, berikut adalah jenis lampu yang tepat untuk rumah Anda.

Neon
Lampu ini memanfaatkan listrik untuk penguapan merkuri yang melahirkan gelombang ultraviolet. Fenomena tersebut membuat fosfor memproduksi cahaya. Lampu ini dinilai kurang baik untuk penerangan rumah karena cahaya yang dihasilkan terlalu terang dan juga mengandung merkuri sehingga dapat merusak kesehatan. Biasanya jenis lampu ini digunakan di pabrik, toko, supermarket, dan tempat komersial lainnya.
Lampu Pijar
Lampu bohlam pijar adalah lampu yang menggunakan kawat di tengah bola lampu untuk menghasilkan panas sehingga bercahaya. Lampu ini terkenal tidak awet walaupun nyalanya terang. Selain itu lampu ini juga menghasilkan panas yang berlebih sehingga dapat membuat ruangan kecil menjadi terasa panas. Lampu ini berharga murah.
Lampu HID
High Intensity Discharge atau lampu HID adalah lampu yang dapat bertahan hingga 20.000 jam dan menghasilkan cahaya yang sangat terang. Tapi, baiknya ampu jenis ini tidak digunakan di dalam ruangan karena menghasilkan radiasi sinar ultraviolet yang sangat tinggi. Jika digunakan pun, harus menggunakan filter khusus agar tidak merusak. HID biasanya digunakan di area yang luas seperti lapangan sepak bola, stadion, atau taman.
Halogen CFL Hybrid
Lampu ini merupakan lampu yang menggunakan tiga teknologi yaitu CFL, halogen, dan juga lampu pijar. Walaupun ukuran lampunya kecil seperti lampu pijar, cahaya yang dihasilkan lebih terang dari bohlam pijar dan juga lebih tahan lama. Lampu jenis ini cocok digunakan untuk rumah atau industri. Bahkan, lampu ini juga diklaim memiliki tingkat keamanan yang sangat baik dibanding lampu lainnya.
Lampu CFL
Lampu Compact Flourescent Lights memiliki bentuk, ukuran dan juga sinar yang serupa dengan lampu pijar. Hanya saja CFL tidak menggunakan panas untuk melahirkan cahaya, namun tenaga listrik. Daya tahan lampu jenis ini juga lebih baik dibanding lampu pijar. Cahaya yang dihasilkan juga tidak terlalu terang sehingga cocok untuk digunakan di ruang makan, dapur, atau taman. Karena mengandung sedikit merkuri, ada baiknya tidak terus menggunakan lampu ini. Matikan jika tidak digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar