Kamis, 30 Maret 2017

Jenis Alergi Secara Umum yang Diderita Oleh Anak



Apabila mendengar kata alergi, masyarakat akan berpikir mengenai gejala seperti bersih-bersin yang wajar. Padahal apabila ditelaah lebih lanjut, alergi ini mempunyai banyak sekali jenis yang ada. Jenis alergi saat ini tersebut disebabkan oleh penyebab yang berbeda pula. Karena penyebabnya yang lain maka cara pengobatan dan penanganannya juga harus berbeda. Alergi sendiri paling banyak diderita oleh anak-anak karena sistem kekebalan tubuhnya yang masih belum sempurna. Terlebih lagi apabila sistem kekebalan tubuhnya sedang menurun maka alergi akan lebih mudah lagi untuk menyerang anak. Adapun alergi yang paling umum diderita oleh anak-anak adalah seperti berikut ini:
foto:tipsanakbayi.com

  1. Alergi susu
Merupakan alergi yang umumnya diderita oleh bayi dimana masih mengonsumsi susu formula untuk meningkatkan kesehatan dan juga kecerdasannya. Susu formula pada umumnya terbuat dari bahan protein hewani yaitu sapi. Akan tetapi untuk sebagian anak alergi pada jenis susu ini sehingga perlu untuk mencari alternatif bahan susu lainnya. Banyak anak dan bayi yang alergi pada susu sapi kemudian diberikan susu dari bahan nabati seperti kedelai. Hal ini bisa menjadi solusi yang baik akan tetapi ada juga anak yang selain alergi pada susu sapi juga alergi pada susu nabati. Solusi dari hal ini biasanya diberikan ASI atau susu yang tidak mengandung kedua bahan tersebut.

  1. Alergi debu
Bayi terutama memang sangat alergi pada debu yang masuk ke dalam hidungnya. Hal tersebut bisa menyebabkan hidung mengalami infeksi apabila tidak segera ditangani dengan baik. Oleh karena itu akan lebih baik untuk rumah ataupun kamar anak dan bayi selalu dibersihkan dengan rutin agar anak tidak mengalami alergi debu ini.

  1. Alergi makanan
Anak-anak sering sekali jajan sembarangan terutama ketika berada di sekolah. Apabila makanan yang dibelinya mengandung zat berbahaya maka hal tersebut dapat menyebabkan ia terkena alergi makanan. Ada juga jenis alergi makanan yang sudah diderita sejak kecil sehingga akan lebih dihindari untuk mengkonsumsinya seperti alergi makanan laut, kacang, telur, dan lain sebagainya. Jadi setiap orang harus bisa kendalikan alergi dengan benar terhadap jenis alergi apapun.

0 komentar:

Posting Komentar